Minggu, 10 Mei 2015

Tips Membaca Dengan Baik Dan Cepat

Membaca adalah salah satu cara dimana kita bisa mengambil suatu pelajaran atau ilmu pengetahuan. Kegiatan membaca sangatlah penting bagi siapa saja yang ingin memiliki tambahan wawasan pengetahuan. Dalam kalangan akademis, justru sangat dianjurkan atau bahkan diharuskan banyak membaca, karena ada beberapa bidang ilmu pengetahuan yang setiap saat terus berkembang, sehingga dibutuhkannya minat baca yang cukup baik.

Dengan membaca, kita menjadi banyak memiliki pandangan akan suatu objek, sehingga akan mempengaruhi pola kita dalam berpikir saat menghadapi suatu problematika. Manfaat membaca juga tidak hanya itu, dengan membaca kita bisa lebih mudah mengawali suatu pembicaraan kepada orang lain sebagai lawan bicara kita, ataupun kita bisa mudah ikut turut berkomunikasi kepada orang-orang yang sedang membicarakan topik tertentu yang ternyata boleh jadi karena kita sering membaca, kita bisa tau topik tersebut lalu kita bisa ikut "nimbrung". Dan masih banyak lagi keberuntungan yang akan kita dapat ketika kita gemar membaca.

Membaca tidak hanya sekedar melihat tulisan lalu mengucapkannya di bibir atau di hati. Tetapi membaca juga memiliki suatu tata cara, tata cara dimana kita bisa membaca secara efektif dan efisien. Efisien di sini adalah dalam arti seberapa banyak kita menggunakan waktu dalam membaca untuk memahami suatu bacaan yang sedang kita baca, semakin sedikit waktu yang kita gunakan untuk bisa sampai memahami apa yang kita baca, maka itu semakin efisien dan vice versa. Pada tulisan kali ini, saya akan mencoba berbagi tentang bagaimana cara membaca dengan baik dan cepat. Berikut adalah caranya.

1. Posisikan kepala dengan bacaan tidak begitu jauh atau tidak begitu dekat
Jarak membaca yang baik adalah 40 cm dari mata dengan sudut 40-70 derajat dari permukaan meja. Membacalah dengan posisi duduk tegak, tidak sedang tiduran apalagi jongkok. Karena agar mata kita tidak begitu bekerja keras dalam membaca dan tulang punggung atau pinggang kita tetap normal, tidak bungkuk atau sebaliknya.

2. Membaca dengan cahaya penerangan yang cukup.
Jika membaca dengan cahaya yang kurang, maka dapat merusak mata. Membacalah di tempat yang memiliki pencahayaan yang cukup terang, agar mata kita tetap sehat setelah membaca. Lalu di saat mata kita terasa sudah mulai lelah, berilah waktu sejenak untuk beristirahat, seperti kita berjalan-jalan sejenak sambil melihat pemandangan hijau atau lain-lainnya.

3. Konsentrasi
Saat membaca kita perlu sekali dalam berkonsentrasi, karena jika kita membaca namun tak berkonsentrasi, maka itu sama halnya dengan membuang - buang waktu saja, karena kita tidak akan bisa mengambil pemahaman dari apa yang kita baca jika tak berkonsentrasi. Sebisa mungkin hindarilah membaca sambil mendengarkan musik, karena biar bagaimanapun, hal itu akan membebani kinerja otak kita, sehingga kita menjadi lebih sulit dalam berkonsentrasi untuk membaca.

4. Membaca dengan tidak bersuara
Membaca yang baik itu tak perlu sampai mengeluarkan suara yang kita baca, berkaitan pula dengan kecepatan membaca, karena jika kita bersuara, otomatis akan memperlambat kecepatan kita membaca. Membaca dengan bibir yang bergerakpun juga tidak seharusnya demikian, karena itu juga akan memperlambat kecepatan membaca kita. Bahkan membaca dengan mengucapkan kembali kata-kata yang telah dibaca di kepala kita pun juga akan memperlambat kecepatan membaca kita.

5. Membaca dengan tidak menggerakan leher
Dalam membaca, terkadang leher kita ikut bergerak menyesuaikan posisi kalimat yang sedang kita baca, itu juga mempengaruhi kecepatan dalam membaca, dalam membaca yang cepat tidak seharusnya leher kita ikut bergerak, seharusnya hanya mata kita saja yang bergerak mengikuti kalimat yang sedang kita baca, mungkin jika pada awal-awal, otot mata kita akan merasa lelah, namun itu proses yang wajar, jika kita biasakan maka otot mata kita menjadi kuat dan terbiasa bergerak cepat mengikuti kalimat yang kita baca.

6. Membaca dengan tidak per satu kata
Saat membaca memang kita tidak akan membaca bacaan kita dari huruf demi huruf. Namun seharusnya juga tidak perlu membacanya dari kata demi kata. Apa maksudnya? Maksudnya adalah jika ada suatu kalimat dengan terdiri 5 kata, kita bisa membacanya sekaligus 2-3 kata, bagaimana mungkin bisa? Tentu saja bisa. Posisikanlah pandangan kita pada antara 2-3 kata tersebut yang ingin akan kita baca. Sedikit pengetahuan tambahan, bahwa otak kita tetap mampu membaca suatu kata meskipun urutan hurufnya dibolak-balik. Contoh untuk 3 kata ini "Libeh habet lgai" kita pasti tau apa 3 kata tersebut seharusnya, yaitu "Lebih hebat lagi". Dengan memanfaatkan itulah kita jadi bisa membaca kata dengan sekaligus banyak.

7. Latihan
Latihan yang rutin akan membuat kita menjadi terbiasa dan bisa. Ada suatu software yang bisa membantu kita dalam melatih kita untuk bisa membaca secara cepat. Software tersebut bisa didownload di sini. Berikut adalah tampilan software tersebut.


Kita juga bisa melakukan modifikasi pada teks yang akan kita baca. Setelah itu untuk memulainya adalah dengan memilih "Show Reader", maka akan tampil seperti ini


Jika kita bisa membaca dengan kecepatan Word Per Minutes sampai 500 WPM, itu sudah cukup bagus, tetapi dengan catatan, kita juga memahami isi dari bacaan tersebut, tidak hanya asal membaca cepat saja. Sekian dari tulisan ini, semoga dapat menggugah minat membaca teman-teman menjadi lebih baik lagi. Terimakasih dan selamat berlatih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar