Jumat, 08 Mei 2015

Definisi Asset Management System

Sebelum menjelaskan apa itu Asset Management, saya akan mencoba menjabarkan satu per satu arti dari apa itu aset dan apa itu manajemen. Langsung saja tanpa panjang lebar lagi saya akan mecoba menjelaskannya. Asset adalah suatu jenis kekayaan yang dimiliki oleh individu ataupun suatu organisasi, memiliki nilai ekonomis, bisa berwujud (tangible) atau tidak berwujud (intangible), memiliki nilai tukar atau jual dan dapat membantu individu atau organisasi tersebut untuk mencapai suatu tujuannya. Kemudian pengertian dari Management adalah suatu pengelolaan sumber daya mulai dari manusia, finansial, fisik dan juga informasi untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.

Setelah penjelasan apa itu Asset dan apa itu Management. Maka dapat didefinisikan bahwa Asset Management adalah upaya pengelolaan aset atau suatu jenis kekayaan yang dimiliki oleh individu ataupun suatu organisasi, baik jenis kekayaan tersebut tangible atau intangible agar dapat tercapainya suatu tujuan dari individu atau organisasi tersebut. Dengan melalui proses perencanaan manajemen, pengadaan aset, pemeliharaan aset meliputi pengecekan informasi tentang kondisi aset hingga aset yang tidak bisa digunakan lagi.

Pada masa kini khususnya di negara kita yang tercinta Indonesia, pengelolaan aset masih belum maksimal dalam pemanfaatannya, karena memang diperlukannya kompetensi pengelola aset. Saat ini pengelolaan aset yang berwujud masih belum diimplementasikan dengan baik, bukan hanya pada perusahaan saja melainkan juga pada pemerintahan. Dibutuhkannya suatu figur sistem yang dapat menjadi pengelola aset dan mencatat segala aktifitas atau transaksi aset pada suatu organisasi, dan sebenarnya pada saat ini sudah cukup banyak sistem yang telah concern pada manajemen aset, hanya namun tak begitu banyak yang mengimplementasikan sistem-sistem tersebut. Contoh pada perusahaan tempat saya bekerja, kebetulan saya bekerja pada perusahaan yang concern pada aset manajemen, sistem yang pernah diimplementasikan antara lain seperti Hardcat Asset Management System dan Enterprise Asset Management IBM Maximo. Kedua sistem tersebut pada intinya adalah sebagai Asset Management. Namun tetap memiliki spesifikasi dan spesialisasi yang berbeda. Misal pada Hardcat Asset Management System, dapat dilengkapi juga Barcode Tracking System, sehingga sangat mudah dalam pengumpulan data pada aset. Dan untuk IBM Maximo Asset Management lebih fokus kepada plant dan produksi, infrastruktur, transportasi dan real estate.

Saya harap dengan tulisan ini, kita semua bisa lebih membuka mata akan pengelolaan aset, sehingga penggunaan aset bisa lebih efektif dan efisien. Sekian dari saya, harap maklum jika masih ditemukannya kekurangan. Terimakasih.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar