Selasa, 28 April 2015

Optimasi Database Dengan Menambahkan Index

Pada setiap program pasti biasanya membutuhkan suatu media penyimpanan untuk data, baik data itu dalam jumlah yang banyak maupun sedikit. Penyimpanan data tersebut disimpan ke dalam program di dalam sebuah database. Perfomance pada suatu program terkait pula dengan banyak sedikitnya data yang ada pada database. Pengolahan data pada database juga sangat diperlukan, mulai dari perancangan desain baik secara logic atau fisik sampai kepada implementasinya, karena database menyangkut skalabilitas program itu sendiri dan terkait pula pada mudah atau sulitnya program tersebut dipelihara (Maintenance).

Untuk database yang mengolah data berjumlah banyak, dibutuhkan kiat-kiat atau tips agar pada proses waktu retreive data maupun update data dapat lebih teroptimalkan. Berikut saya akan mencoba berbagi tips untuk mengoptimalisasi database dengan cara menambahkan index.

Sebuah indeks database adalah sebuah struktur data yang meningkatkan kecepatan operasi dalam sebuah tabel. Indeks dapat dibuat menggunakan satu atau lebih dari satu kolom. Indeks dapat dibayangkan sebagai indeks buku, sehingga melalui indeks buku tersebut dapat dicari letak item tertentu dalam buku dengan mudah. Keberadaan indeks dalam basis data antara lain adalah untuk mempercepat pencarian data berdasarkan kolom tertentu.

Berikut adalah cara membuat Index pada suatu table untuk database MySQL.
 CREATE UNIQUE INDEX index_name  
 ON table_name ( column1, column2,...);  

Untuk contohnya misalkan kita memiliki sebuah table bernama mhs, kemudian kita ingin membuat index pada kolom nama. Berikut adalah contohnya.

 CREATE UNIQUE INDEX nama_idx  
 ON mhs (nama)  

Setelah pembuatan index selesai. Silahkan coba lakukan SELECT Query, misal SELECT nim FROM mhs WHERE nama='Kasih'. Bandingkan dan perhatikan waktu eksekusinya saat belum ditambahkan index dan setelah ditambahkan index.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar